3 Cara Menghitung Kehamilan 2 Hingga 7 Bulan

Pada umumnya usia kehamilan dapat dinyatakan dalam minggu atau bahkan hari karena dirasa lebih terperinci dibandingkan dengan bulan. Selama masa kehamilan janin dalam kandungan tentu akan melakukan perkembangan dan setiap fasenya membutuhkan perlakukan yang berbeda. Nah ini 3 cara menghitung kehamilan usia 2 hingga 7 bulan yang bisa Anda coba.

  1. Menghitung Usia Kehamilan dengan Metode Kalender

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan metode kalender. Cara menghitung kehamilan yang satu ini menggunakan metode HPHT untuk mengetahui berapa usia kehamilan Anda sekaligus hari perkiraan lahir (HPL). Pada umumnya dokter akan beranggapan bahwa pembuahan akan terjadi pada hari ke-14 pada siklus menstruasi Anda.

Dengan mengetahui HPHT maka dokter akan lebih mudah menghitung usia kehamilan Anda. Namun sayangnya tidak semua ibu hamil tidak mengingat jadwal menstruasinya. Tak hanya itu saja, waktu ovulasi setiap wanita cenderung berbeda-beda dan bervariasi. Terlebih lagi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur setiap 28 hari sekali.

  1. Menghitung Usia Kehamilan dengan Pemeriksaan USG

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan adalah dengan melakukan pemeriksaan USG. Cara mengetahui usia kehamilan dengan metode yang satu ini dianggap paling akurat dibandingkan dengan cara lainnya. Bahkan tingkat akurasi mencapai 95% dan tersedia dalam berbagai pilihan mulai dari 2, 3 hingga 4D.

Cara mengetahui usia kehamilan dengan metode yang satu ini dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu USG transabdominal dan USG transvaginal. USG transvaginal yang biasanya dilakukan pada awal masa kehamilan melalui jalan lahir untuk melihat lokasi dan keberadaan janin. Sedangkan USG transabdominal untuk melihat gambaran dan pergerakan janin secara jelas.

  1. Menghitung Usia Kehamilan dari Tinggi Puncak Rahim

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghitung tinggi puncak rahim. Metode yang satu ini dilakukan dengan cara menghitung jarak antara tulang kemaluan dengan puncak rahim. Anda bisa mengukurnya menggunakan pita ukur. Meski terkesan sederhana, namun cara yang satu ini terbilang cukup akurat jika dilakukan oleh dokter kandungan atau bidan.

Jarak antara tulang kemaluan hingga puncak rahim ternyata juga mampu menunjukkan berapa usia kandungan Anda. Misalnya jika jarak antara tulang kemaluan hingga puncak rahim adalah 28 cm maka dapat disimpulkan bawah usia kehamilan Anda adalah 28 minggu. Jarak yang semakin banyak menandakan bahwa usia kehamilan Anda juga semakin lanjut.

Nah di atas merupakan beberapa cara menghitung kehamilan usia 2 hingga 7 bulan. Setelah mengetahui berapa usia kehamilan Anda, kini Anda juga bisa menjalani kehamilan dengan lebih percaya diri. Bahkan dengan mengetahui usia kehamilan, pada setiap fasenya Anda juga bisa melakukan banyak hal yang mampu menunjang pertumbuhan janin agar lebih baik.